Cara Ini Bisa Mengalahkan Pesaing

Muri Handayani Penulis Buku EEJJ Emak Emak Jago Jualan RAMSBO Resep Ampuh Membangun Sistem Bisnis Online Owner RAZHA SBO Sekolah Bisnis Online Motivator Jago Jualan Online

Setelah gonta-ganti bisnis, akhirnya saya memahami. Faktor utama kesuksesan itu bukan hanya terletak pada PRODUK yang kita pilih Mak. Ternyata DAYA JUANG menjadi point penting dalam mewujudkan bisnis yang jangka panjang. Gak bisa kita hanya semangat menggebu di awal, tapi begitu ada konsumen yang nipu 200rb, eh kita baper akut. Langsung menilai bahwa semua konsumen yang belanja online itu penipu.

Kita ketipu bukan 100% kesalahan sang penipu menurut saya. Kesalahan kita juga menjadi bagian sehingga hal tersebut bisa terjadi. Kita gak punya ilmu tentang mengatahui jenis penipuan. Gak tau kalo struk ATM itu bisa dipalsuin, kudet tentang info sms banking bisa diedit, gak paham bahwa patokannya hanyalah mutasi rekening yang kita punya.

Udah bikin disain super keren, bikin PO dengan ilmu marketing langit dan bumi, alhamdulillah banjir order 100pcs. Eeeeeh pas terima hasil produknya dari penjahit, kacau banget hasilnya, banyak cacat. Langsung darah tinggi, shock, stres, gak bisa makan, lemes, sakit. Kapok bisnis fashion, gak ada penjahit yang bener katanya.

Ya elah Mak…baru kena ujian secuil aja udah tumbang. Noh mereka yang gagal produksi ribuan pcs masih tetep move on. Masa baru 100 aja udah kapok.

Susah ya cari karyawan yang bener. Kerjaannya main hape pribadi, dikasih kerjaan cemberut. Kalo ada kesalahan, alesannya banyak banget. Rajin deh ijin, masa tiap minggu ada aja bolosnya. Gemeees..lelet banget kerjanya.

Kaleeem Mak… baru ngurus karyawan sedikit aja udah mumet. Tuh mereka yang karyawannya puluhan bisa kok berjalan gak pake pusing.

Nah loh.. siapa yang ngalamin kaya gitu Mak? Hihihiiii..
Ternyata ya, faktor terbesar yang bikin bangkrut bisnis itu bukan karena kalah dengan pesaing. Tetapi karena ownernya terlalu LEBAY… super lebay. Masalah kecil digedein, masalah gede berasa kiamat.

Semangat juang kita harus tetap sama seperti disaat kita mau memulai bisnisnya. Menggebu-gebu… adrenalin berada di puncak.. siap tempur pokoknya mah… Nah ketika Allah minta kita naik kelas, kan pasti ada ujianya, kalem aja Mak. Allah gak akan kasih ujian kalo gak ada kunci jawaban.

Ketika kita ketipu konsumen, artinya Allah meminta kita untuk bersiap mendapat orderan lebih besar, sekarang harus belajar dulu tentang pencegahan penipuan. Supaya nanti pas orderan besar datang, udah paham rambu-rambunya Mak.

Rugi 100pcs itu membuat kita mempelajari lagi dunia produksi lebih dalam. Sehingga disaat orderan 1.000pcs datang, kita sudah siap.

Disaat bisnis kita menjadi besar, Mak gak lagi ngurusin karyawan 1-1. Karena nanti sudah ada sistem yang tersusun rapi. Oleh karena itu, dari 1 karyawan ini, Allah minta Mak belajar bagaimana berkomunikasi dengan tim, bagaimana memberikan jobdes yang benar, bagaimana menerapkan SOP yang baik.

Coba deh selalu lihat ujian itu dari sisi POSITIF aja. Bikin nagih loh, kalo ada ujian, adrenalin naik, kita langsung berprasangka baik sama Allah… asiiik naik kelas nih.. Allah mau kasih yang lebih besar nih. Saya harus bersiap membenahi yang ini, ketika yang besar datang, saya mampu ngurusnya.

Hal BESAR hanya terjadi kepada mereka yang memiliki IMPIAN BESAR.

IMPIAN punya omset 1M per bulan, ketipu 200rb mah kalem aja  Ketika saat ini Mak masih sering lebay dengan ujian kecil, coba evaluasi..jangan-jangan impiannya kekecilan.

Udah ah gitu aja ya Mak  mau cek freezer nih.. seafood frozen dari Mak Riezka Sari Injaryanti owner www.myhalalfood.co anak-anak suka banget. Yang tadinya lagi susah makan, mereka jagi lahap.

NB: Bentar lagi tutup PO diskon 60% buku Mudahnya Bikin Laporan Keuangan Bisnis Online. Buat yang gak kebagian karena nunda terus chat ke Admin SBO melalui link m.me/sboplaza atau WA 0878.2446.8185 plis jangan salahin aku ya

Salam SUKSES OnlineShop Indonesia
Muri Handayani
SBO (Sekolah Bisnis Online)
“Gaptek Hilang, Rejeki Datang”

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *