Ini Penyebab Dagangan Gak Laku

Muri Handayani Penulis Buku EEJJ Emak Emak Jago Jualan RAMSBO Resep Ampuh Membangun Sistem Bisnis Online Owner RAZHA SBO Sekolah Bisnis Online Motivator Wanita Tips Laporan Keuangan Motivator
 
24 Mei kemarin saya diundang yayasan Save The Children untuk sharing di depan kepala sekolah SMK wilayah Bandung dan sekitarnya. Saya diminta untuk memberitahukan pihak sekolah, apa saja yang harus disiapkan pihak sekolah untuk memfasilitasi siswanya yang setelah lulus SMK mau berwirausaha.
 
Satu hal penting yang saya tekankan adalah perlunya pengetahuan tentang riset pasar dan menemukan permasalahan yang sedang terjadi di masyarakat. Sehingga ketika para siswa kelak memulai bisnis, mereka bisa memilih usaha yang merupakan SOLUSI atas permasalahan yang dihadapi masyarakat.
 
Jadi memulai bisnis itu bukan berawal dari “jualan produk apa”. Karena sudah banyak sekali UKM yang melakukan inovasi pada produknya namun mereka mentok bagaimana cara pemasarannya dan menemukan pasar yang tepat.
 
Pasar yang tepat adalah pasar yang membutuhkan produk tersebut, klik, berjodoh gitu Mak ^_^
 
Nah untuk Mak yang sudah berjalan bisnisnya, udah ketemu dengan pasar yang klik, gak boleh berhenti inovasi ya. Inovasi bukan hanya pada produk, bahkan banyak produk sederhana tapi penjualannya ribuan pcs per hari. Jadi menurut saya, jaman sekarang gak perlu aneh-aneh bikin produk 😀 Bikin yang disukai pasar aja, itu kuncinya.
 
Inovasi pada tim penjualan juga perlu dilakukan. Bagaimana membuat sistem yang mudah bagi konsumen untuk memesan. Memoles tim penjualan sehingga mampu melayani dengan “mesra” para konsumen, gak pake cemberut :p Video pemasaran yang setiap orang rela untuk share, padahal tersirat di dalamnya iklan 😀 Artikel yang selalu dinanti pemirsa, yang jelas-jelas ujungnya iklan hihiihiii.. kaya tulisan saya 😀 Tetep aja pada kangen kan.. hayo ngaku Mak…
 
Capek ya bisnis, invoasi mulu, belajar terus.. ya iyalah kalo gak capek semua orang udah jadi pebisnis kali ahahaahaaa.. makanya, untuk golongan para Emak, hanya Emak Setrooong seperti kamu yang mampu menjalankan bisnis. Kalo Emak yang cengeng dan manja, kagak bakal tahan banting.
 
Salah satu strategi pemasaran yang saya usung memiliki konsep “BAPER”. Ya.. gimana caranya ketika calon konsumen membaca tulisan saya, mereka jadi baper, tapi ngangenin dan bikin ketagihan untuk bacanya. Mereka merasa ulasannya “gue banget”. Bahkan mereka rela share ke teman-temannya. Asli ini seru banget, ngiklan gratis hihihiii..
 
Coba cek postingan FB saya 3 tahun yang lalu. Posting 5 kalimat aja rasanya udah keren banget wakakakaa.. Susaaah banget mikirnya mau nulis apa. Kalo sekarang, malah susah untuk berhenti nulis ahahaahaaa.. Dan bahkan sekarang saya sudah nulis 3 buku. Padahal ini berawal hanya dari nulis status Facebook.
 
Jadi belajar COPYWRITING itu gak bisa dianggap hal sepele Mak. Penting untuk kemajuan bisnis, menghasilkan pundi-pundi rupiah serta menjadi karir masa depan yang menjanjikan. Sayangnya, untuk belajar COPYWRITING gak bisa “simsalabim”. Butuh proses berbulan-bulan. Tapi kalo rajin praktek, insyaAllah dalam waktu 3 bulan bisa kok.
 
Karena saya melihat COPYWRITING ini sangat penting, saya berharap Mak juga mau mempelajarinya. Demi kesuksesan bisnis Mak 😉 Mau banget saya bimbing secara langsung (offline) tapi apa daya, kita sama-sama Emak Rempong wakakakaa..
Kita belajarnya online aja ya Mak, alhamdulillah SBO ada program BEASISWA Ramadhan.
 
BEASISWA ini terbatas hanya untuk yang cepet action chat ke Admin SBO melalui link chat m.me/sboplaza atau WA 0878.2446.8185 dengan kata kunci: BEASISWA 50% KMC.
 
Untuk praktek KMC gak perlu laptop, bisa cuma pake HP aja. Tinggal duduk manis dirumah ikut belajar dan praktekin, insyaAllah omset ikutan manis 😉 Semanis aku pake kerudung dari BJ Shop miliknya Mba Umi Puji Lestari dan gamis yang dibuat khusus cuma untuk aku dari Gwell Textile Love it!
 
Btw.. foto ini saya ambil di workshop Naturacraft miliknya Teh Nissa Nuraini II yang gak pernah bosen saya kesana ^_^ Cantiiik banget
 
 
Salam SUKSES OnlineShop Indonesia
Muri Handayani
SBO (Sekolah Bisnis Online)
“Gaptek Hilang, Rejeki Datang”

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *