Kerja Keras, Omset Malah Turun Karena Salah Fokus

Muri Handayani Penulis Buku EEJJ Emak Emak Jago Jualan RAMSBO Resep Ampuh Membangun Sistem Bisnis Online Owner RAZHA SBO Sekolah Bisnis Online Motivator Wanita Tips
Hayoooo ngaku siapa yang sering kepoin kompetitor/pesaing?
Niatnya buka Facebook mau promo, eh lewat tuh postingan pesaing kita. Gak berasa… 5 menit, 10 menit, 30 menit… sejam, bahkan pernah lebih. Ngulik FB nya dia, FP nya, dagangannya, strateginya, mitranya.. Bikin mules rasanya, terkadang bikin mood berantakan.
 
Kok dia ngikutin kita sih. Kok mirip banget sama produk aku. Ih itukan konsumen aku, kok beli di dia. Ya ampun dia PDKT ke Mitra aku. Dia mencuri Mitraku. Laris banget jualannya, padahal jaitannya bagusan aku. Norak banget sih dipamerin segala hasilnya. Iiiih kok gini.. iih kok gitu…
 
Hahaaayy.. ngaku siapa yang masih suka begituuuh :p
 
Boleh kok kepoin kompetitor. Itu bagian dari RISET. Di program Kelas Utama SBO juga disarankan untuk riset. Tapi kalo kaya begitu kejadiannya, bikin baper dan malah merusak hati kamu cinta. Kalo belum ikut Kelas Utama SBO, boleh dapetin info lengkapnya ke Admin SBO.
 
Risetnya jangan kebablasan. Bisnis itu olah raga logika, bukan pergulatan perasaan. Jadi bapernya kudu dikurangin. Sensi yang super lebaynya dikikis. Apalagi kalo mau dateng bulan, rasanya pengen gigit pojokan laptop yang ada foto si dia sang pesaing wakakakaa…
 
Kita sibuk ngedumelin dia. Lah dia mah anteng aja Mak. Dia malah lagi sibuk mengembangkan bisnisnya. Kita disini cuma sibuk sakit hati, baper, badmood, ngomel, curhatin dia kesana kesini. Sini aku peluuuuk… biar kamu adem 😉 Main donk ke tempatku, boleh kok, tapi janjian dulu ya..
 
Gimana sih caranya supaya gak banyak baper?
 
1. Pasang IMPIAN setinggi mungkin dan tentukan KAPAN akan terwujud. IMPIAN harus spesifik dan terukur. Jangan cuma.. pengen sukses, pengen kaya, pengen sejahtera. Sukses itu patokannya apa?
 
Mau punya rumah dibeli secara tunai seharga 1,2M pada Mei 2018 yang berlokasi di Jl. Bahagia – Bandung.
 
Nah ini jelas. Selanjutnya lihat point berikut.
 
2. Supaya IMPIAN gak hilang ketiup angin, kita harus jabarkan dalam tindakan nyata. Mei 2018 berarti 12 bulan dari sekarang ya Mak. Artinya kita punya waktu 12 bulan untuk bisa mendapatkan 1,2 M. Ini bukan omset loh, ini free cash (free cash adalah sebagian dari profit yang boleh diambil). Anggaplah free cash ini 50% dari profit/laba bersih (sesuaikan dengan kebijakan perusahaan masing-masing).
 
1,2 Milyar dibagi 12 adalah 100 juta/bulan. 100 juta adalah 50% dari profit. Maka Profit perbulannya harus 200 juta.
 
Profit kira-kira 20% dari Omset (setiap bisnis beda persentase profitnya). Maka untuk mendapatkan profit 200 juta perbulan, maka dibutuhkan omset 1 Milyar/bulan.
 
3. Setelah mengetahui jumlah omsetnya 1 Milyar/bulan. Kira-kira masih sempet kepoin pesaing kelamaan dan sering baper gak Mak? Wakakaakaaa.. Saya rasa udah gak sempet. Udah super sibuk belajar + kerja… belajar + kerja… belajar + kerja…
 
Buat perencanaan kerja supaya bisa mewujudkan 1M perbulan. Tambah terus kapasitas/kemampuan diri supaya pantas punya omset segitu.
 
Jadi… kalo kita masih banyak buang waktu untuk baper. Artinya IMPIAN KITA MASIH TERLALU KECIL.
 
Kita jangan fokus menjatuhkan/ngalahin pesaing. Ini bukan arena tinju. Tetapi ini arena balap. Siapa yang paling cepat, paling kuat, paling bagus, paling cerdas, paling rajin latihan. Maka dia yang akan memenangkan hati konsumen.
 
Nih kaya aku sekarang, hatiku sudah direbut gamisnya Amima buah karya Mba Chairuna Noor 😉 cakep kan Mak… Jangan baper ya liat aku pake baju ini hihihiiii…
 
Aku do’ain Mak dimampukan Allah mewujudkan IMPIAN 😉 aamiin
 
Salam SUKSES OnlineShop Indonesia
Muri Handayani
SBO (Sekolah Bisnis Online)
“Gaptek Hilang, Rejeki Datang”

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *