Ini Jawabannya Kenapa Konsumen Kita Direbut Orang

Muri Handayani Penulis Buku EEJJ Emak Emak Jago Jualan RAMSBO Resep Ampuh Membangun Sistem Bisnis Online Owner RAZHA SBO Sekolah Bisnis Online Motivator Wanita
 
Saya biasanya akan kabur dari toko yang pelayannya jutek. Mak termasuk kaya saya juga kah? ^_^ Mending mahal dikit tapi pelayannya ramah.
 
Nah ada sedikit tips dari saya supaya konsumen nempel terus ke kita. Jadi walaupun toko sebelah lebih murah, bisa jadi konsumen repeat ordernya ke kita Mak. Boleh diintip video ini
https://youtu.be/bxPpujHZa90
 
Tugas kita berikutnya adalah bagaimana membentuk KULTUR di bisnis kita. Menularkan nilai kebaikan ke semua tim. Yang ramah ke konsumen bukan cuma kita aja. Tetapi semua orang yang terlibat di dalamnya.
 
Pembentukan kultur gak bisa 1-2 hari Mak. Butuh proses mingguan, bulanan hingga tahunan. Gak boleh capek dan gak boleh bosen untuk ngajarin dan ngingetin tim untuk terus berproses.
 
Bilanginnya gini Mak…
 
Tari… (misalnya ini nama karyawan Mak, inget ya selalu sebutkan nama lawan bicara) jadikan kesempatan ini adalah ajang Tari belajar. Membentuk kebiasaan ramah, sabar, teliti, rapi, sopan dll.. itu butuh proses yang tidak singkat. Nanti setelah Tari lulus dari sini (yang udah baca buku #RAMSBO pasti paham nih kenapa menggunakan kata “lulus”) maka kamu akan menjadi pemilik usaha juga kan. Kalau nanti Tari jadi pemimpin di bisnis sendiri, maka kamu sudah menjadi tauladan yang baik. Tari sudah paham bagaimana bisa merebut hati konsumen dengan nilai-nilai kebaikan yang kita bentuk disini.
 
Sesungguhnya bisnis itu adalah proses tolong menolong. Masa nolongin orang tapi sambil judes. Walaupun kita jualannya online, ngetik chatnya harus sambil senyum Mak ^_^
 
Yang pertama, senyum itukan ibadah. Dengan senyum membuat mood kita jadi lebih baik. Energi positif insyaAllah juga akan terbentuk, sehingga yang mendekat adalah hal-hal positif juga. Konsumen yang baik, langsung transfer, gak nawar, rekomendasikan kita ke temen-temennya. Mood yang baik akan membuat kita juga positif thinking kan ya Mak.
 
Coba kalo Mak udah manyun. Orang disekitar kita juga udah males liatnya kan heheeheee… Ketika moodnya jelek, nanti energi negatif yang terbentuk. Sehingga akan banyak hal yang kita lihatnya dari sisi jeleknyaaaa aja. Begini salah, begitu salah. Bawaannya sensiii.. lebaaay..!
 
Mana senyumnya? Ciiiisss…..
Nah gitu donk 😉
 
Salam SUKSES OnlineShop Indonesia
Muri Handayani
SBO (Sekolah Bisnis Online)
“Gaptek Hilang, Rejeki Datang”

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *