Cara Sederhana Ini Bisa Menyelamatkan Keuangan Bisnis

Muri Handayani Mentor Bisnis Online Perempuan Jago Jualan Emak WOrkshop Pelatihan Tips Hebat Jualan Penghasilan TambahanMak…Mak.. Siapa yang gajiannya UNLIMITED?
Tanpa batas, sebanyak-banyaknya boleh ambil dari hasil dagangan

Kira-kira.. Kalo kita terus-terusan ambil uang tanpa batas dari hasil dagangan setiap hari, bagaimana nasib bisnisnya setahun kedepan Mak? Bisa berkembang makin besar atau malah menyusut mengkerut kering kerontang?

Omset 2 juta.. Diambil buat dapur 1 juta, boleh gak nih?
Omset 5 juta.. Diambil 3 juta, boleh?

Makin gede omsetnya, berasa punya duit banyak ya Mak hihihiiii… Padahal itu mah uang modal yang harus diputer. Uang yang harus membiayai segala kebutuhan bisnis. Iya kebutuhan bisnis, bukan hanya beli barang dagangan aja.

Semakin Mak mendalami ilmu bisnis, akan semakin paham ternyata banyak sekali biaya-biaya yang harus dialokasikan untuk A-Z. Nah kalo dari awal merintis bisnis, kita sudah asal-asalan ngurus keuangan, ya nanti bisnisnya juga tumbuhnya gak jelas  Tumbuh tuh keatas, bukan kebawah hihihiii..

Tapi gimana donk, ini kan penghasilan saya satu-satunya. Kalo gak ambil dari uang bisnis, kami sekeluarga gak makan Mak?

Toosss Mak.. sama donk  Saya juga gitu kok. Penghasilan kami ya dari berdagang. Kalo gak jualan, ya gak makan. Tapi bukan berarti kita MERAMPOK uang bisnis terus-terusan kan

– Trus solusinya gimana donk?

+ Terapkan sistem GAJI Mak.

– Berapa Jumlah gajinya? Apakah sesuai dengan omset?

Saya tuh kadang termasuk orang yang ngeyelan Mak  Orang lain bilang, gaji kita disesuaikan dengan omset. Kalo omsetnya kecil, ya gajinya jangan banyak-banyak. Lah saya gak mau kaya gitu, GAK SETUJU!

Kalo omsetnya kecil, trus anak-anak saya jadi cuma makan sehari sekali donk. Karena omsetnya kecil, anak jadi gak bisa sekolah donk. Hiiikss.. saya gak mau..

Yang saya mau, berapapun omsetnya, semua KEBUTUHAN POKOK harus bisa terpenuhi. Trus gimana solusinya kalo omset kecil, cuma ada satu jalan keluar, BELAJAR & KERJA LEBIH GIAT!

Jadi bukan pasrah terhadap keadaan ya Mak. Ketika di tengah bulan, omset baru tercapai 10% dari target, maka puter otak, cari ilmu, kerja lebih banyak, deketin Allah lebih sering, sehingga nasib kita bisa berubah atas izin Allah.

Okey..paham… lalu berapa jumlah gajinya?

Kita jabarkan KEBUTUHAN POKOK selama sebulan Mak:
– Listrik
– Air
– Sewa rumah/cicilan rumah
– Cicilan kendaraan
– Makan sebulan
– Biaya sekolah
– Bensin
– Pulsa
– Kebersihan
– Vitamin dan Obat
– dll..

Bisa juga simak video ini untuk lebih detilnya Mak https://www.youtube.com/watch?v=wm80mTZUdJI&t=111s

Berdasarkan video itu, kita asumsikan kebutuhan pokoknya Rp.3,5 juta. Maka gaji kita sebulan Rp.3,5jt Mak. Ini dibayarkan di awal bulan. Dengan begitu, selama sebulan kedepan kita bisa kerja dengan tenang, karena udah gak setres mikirin beli beras gak punya uang.

Untuk bisa digaji 3,5juta berapa minimal jumlah omsetnya?

3,5 juta misalnya 10% dari omset. Maka Mak harus bisa menghasilkan minimal 35 juta. Semakin kecil jumlah % nya makin bagus. Misal Mak menargetkan gaji diambil 5% dari omset, maka nilai penjualannya minimal 70 juta.

Lebih bagus lagi, kalo tidak dihitung dari omset, tapi dari profit/laba. Gimana cara hitung laba? Makin panjang ini tulisannya ahahahaaa… Maap ya Mak, ini cucian ompol anak-anak udah menanti, saya mau main air dulu

Kesimpulannya..
– Batasi jumlah pengambilan uang bisnis.
– Buat patokan gaji di awal, sehingga semangat dan greget untuk gedein bisnis dan mencapai target.

Semangat gedein target ya Mak  Semangat gedein IMPIAN sehingga makin banyak MANFAAT UNTUK UMMAT  Bahagia bisa membahagiakan orang lain, hati adem ya Mak.

Salam SUKSES OnlineShop Indonesia
Muri Handayani
SBO (Sekolah Bisnis Online)
“Gaptek Hilang, Rejeki Datang”

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *