Ternyata Ini yang Membuat Mereka Bangkrut

Muri Handayani Pengusaha Online Perempuan Founder SBO Sekolah Bisnis Online Penulis Buku Emak Emak Jago Jualan RAMSBO EEJJ Resep Ampuh Membangun Sistem Bisnis Online
 
Siapa sih Mak yang siap bangkrut? Pasti gak ada ya. Semua orang pengennya sukses. Saking fokusnya pengen sukses mereka pake “kaca mata kuda”. Fokusnya hanya pada OMSET BESAR. Pokoknya gimana caranya tiap tahun, tiap bulan, tiap pekan, tiap hari OMSET NAIK.
 
Belajar jurus jitu pemasaran. Strategi dahsyat penjualan. Langkah pasti mencapai top post. Selling is everything.
 
Wiiiih keren banget ya spiritnya. Belajar terus.. maju terus.. update.. kekinian.. tiada hari tanpa closing.
 
Tapi tenyata… suatu hari… mereka datang curhat.. air mata tak terbendung lagi..
 
1. Modal diambil dari riba.
2. Tiap tahun secara berkala, suntik modal terus. Penjualan sih gede, tapi kenapa ketika mau nyetok butuh suntikan modal terus ya? Ternyata karena ownernya “gajian unlimited”. Gak berasa dikit-dikit gesek, transfer, ambil dari rekening usaha untuk kebutuhan pribadi dan keluarga.
3. Omset gede tapi kenapa gak bisa punya tabungan atau aset ya? Oalaaah… ternyata gak pernah ada pencatatan dan pembuatan laporan keuangan. Setelah dicek, innalillahi…selama ini salah nentuin harga jual Mak. Gak dimasukin biaya ini itu. Cuma bahan, proses pembuatan, kemasan. Gak ada biaya operasional, pemasaran, peralatan dll. Jadi selama bertahun-tahun ini kerja rodi 🙁
4. Makin banyak orderan, makin banyak komplenan. Kacau Mak sistem database stocknya. Di pencatatan ada 3, eh di gudang kosong. Di gudang ada 5, di pencatatan kosong. Mitra dan konsumen jadi pada kabur karena kecewa dengan pelayanan.
5. Setelah pasang CCTV, sakit hati banget liat karyawan mengutil barang dagangan, dan lebih dari 1 kali. Itu yang kelihatan, yang gak ketawan berapa banyak ya hiiiiksss…Padahal udah dikasih kepercayaan yang besar, kurang baik apa sih ownernya. Berasa udah dimanjain, dianggap keluarga. Eh malah ditusuk dari belakang.
6. Gemes banget sama karyawan yang satu ini, kerjaannya mainan hp pribadi. Ditegur malah cemberut. Diberhentiin ya belum ada gantinya.
7…..
 
Gak sanggup lagi ngetiknya Mak.. rasanya sesak di dada. Tapi sesungguhnya ini rejeki. Dari kisah mereka saya jadi terus berkaca. Sayapun masih harus terus memperbaiki diri. Bukan berarti saya sudah sempurna.
 
Bisnis itu pembelajaran sepanjang masa. Selama bisnisnya berjalan, pasti Allah akan terus kasih UJIAN. Dan tenang aja, Allah kasih ujiannya sudah sepaket dengan KUNCI JAWABAN.
 
Yang penting mak harus siap mental. Boleh nangis di pojokan sebentar, lalu cari teman untuk keluarin semua bebannya. Eh tapi inget ya PILIH TEMAN YANG POSITIF. Kalo bisa yang memang bisnis juga. Selanjutnya cari kunci jawaban. Bisa datang ke pebisnis senior, ikut pelatihan, baca buku, browsing dll.
 
Cari sahabat yang bisa memelukmu erat ketika kamu jatuh. Bukan hanya teman yang datang saat kamu di atas, lalu meninggalkanmu di saat kamu dibawah. Kalo belum nemu, minta sama Allah ya Mak 😉
 
Saya do’akan yang masih terjerat riba, tahun ini semua lunas. Yang lagi dapet ujian, segera menemukan kunci jawabannya. Kalo belum paham Facebook Marketing, 3 April ada di SBO Kelas Utama. Yang belum paham copywriting, di SBO ada program KMC. Blom berhasil banjir order di Instagram, solusinya di program KMO Instagramnya SBO. Mumet laporan keuangan? KMK di SBO kasih modul sederhana yang bisa digunakan. Pengen melebarkan sayap di Tokopedia, BukaLapak dan Shopee, akhir April insyaAllah saya siapkan gurunya yang udah jual ribuan produk disana.
 
Salam SUKSES OnlineShop Indonesia
“Gaptek Hilang, Rejeki Datang”
 

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *