Bisa Jadi Ini Adalah Penyebab Dagangan Kita Gak Laku

Muri Handayani Penulis Buku EEJJ Emak Emak Jago Jualan RAMSBO Resep Ampuh Membangun Sistem Bisnis Online Owner RAZHA SBO Sekolah Bisnis Online

Saya bukan tipe orang yang suka wewangian, terutama parfum. Kalo ke mall lewat penjual parfum, rasanya mual terkadang bikin pusing. Saat masuk mobil yang wanginya terlalu menyengat bikin mabok.

Padahal diluar sana banyak orang yang suka ya. Sayanya aja kali yang ndeso ahahaahaaa.. Tapi saya yakin masa sih di dunia ini cuma saya aja yang begitu hihihiiii (nyari temen).

Ketika ada sales parfum di mall nawarin saya, kira-kira dia bisa closing gak? dijamin… gak akan saya beli wakakaaa…

Sama halnya dengan produk apapun Mak. Ketika dagangan Mak ditolak calon konsumen, bisa jadi bukan karena produk Mak yang jelek, tapi karena memang selera dia berbeda, keinginan berbeda, kesukaan berbeda, tujuan berbeda dll.

Maka solusinya adalah TEMUKAN ORANG YANG TEPAT. Jangan asal nawarin ke semua orang. Habis waktu dan capek badan jadinya. Bagaimana cara menemukan orang yang tepat? Yaitu dengan cara MEMAHAMI SIAPA TARGET MARKET ANDA YANG SEBENARNYA.

Tidak ada produk yang bisa disukai oleh semua orang di dunia. Bahkan air mineral dalam kemasan sekalipun. Ya ampun cuma air putih gitu loh, masa sih gak semua orang?

Coba aja tawarin air mineral kemasan merk yang depannya huruf A ke orang yang dirumahnya udah punya mesing penyuling air yang katanya lebih sehat. Pasti dia gak mau minum air A. Menurut dia kurang sehat.

Atau jual beras ke orang yang gak suka makan nasi heheheee pasti gak dibeli.

Nah bagi Mak yang belum ada produk, sebelum menentukan produknya apa, sebaiknya fokus dulu kepada Target Market. Nantinya…Mak mau jualan ke SIAPA? Bukan fokus pada mau jualan apa.

Dengan menemukan SIAPA yang akan dituju, Mak cari tahu apa kebutuhan mereka. Apa yang mereka inginkan. Seperti apa selera mereka. Berapa daya belinya. Dimana mereka berada.

Nah dari sana Mak bisa menentukan produk apa yang akan Mak tawarkan ke mereka. Jangan sampe orang lagi haus kita tawarin kerupuk heheeheee…

Nah buat Mak yang sudah punya produk. Coba secara berkala evaluasi. Jangan teralu keras hati merasa produknya sudah sempurna. Browniesnya menurut Mak enak banget. Belum tentu menurut orang lain se enak itu. Kan yang beli konsumen, bukan diri Mak sendiri hihihiiii…

Gamisnya di badan Mak udah bagus keliatannya. Bisa jadi… belum tentu juga bagus di badan mereka.

Bikin banner iklan sebagus mungkin, tapi buat orang lain, banner iklan kita itu gak enak dipandang  Jangan sakit hati kalo dikritik Mak. Perjalanan bisnis adalah pelajaran kehidupan. Gak akan pernah ada habisnya untuk berproses dan belajar. Mau untungnya, harus mau juga proses belajarnya. Setuju ya Emak Setrooong

Saya do’akan Mak sehat selalu..biar bisa enjoy ngurus bisnis dan keluarga. aamiin…

Salam SUKSES OnlineShop Indonesia
Muri Handayani
SBO (Sekolah Bisnis Online)
“Gaptek Hilang, Rejeki Datang”

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *