BAHAYA! Pembatasan wilayah untuk distributor bikin bisnis bangkrut 😭

Muri Handayani Sekolah Bisnis Online Penulis Buku EEJJHari ini ditakdirkan ketemu “brondong” di suatu acara seminar yang pesertanya lebih dari 1.000 orang. Duh dia negur saya duluan, ternyata ada juga yang ngenalin saya ya   Emak-emak ditegur sama brondong   dan bahayanya, saya lagi gak sama suami. Untung ada teman saya yang ibu-ibu juga. Supaya gak ada fitnah, jadi ngobrolnya bertiga.

Gak jauh-jauh ya… orang yang ngobrol sama saya pasti ujungnya curhat   alhamdulillah ini rejeki bagi saya. Bisa jadi bahan pembelajaran dan juga bahan tulisan   Karena saya gak mau cuma dia aja yang dapet manfaat dari hasil diskusi sore ini. Saya mau teman-teman semua juga ikut nyimak. Silahkan bantah, jika tidak setuju. Kritik dan saran sangat diterima. Ya namanya juga diskusi ya.

Jadi.. dia pegang marketing suatu brand. Nah si brand ini menerapkan sistem Mitra (Distributor/Agen/Resell). Dengan pola PEMBATASAN WILAYAH. Ketika suatu wilayah sudah ada distributornya, maka pusat tidak boleh menerima distributor lain.

Nah yang jadi masalah adalah… bagaimana jika sang distributor penjualannya mandek? Pusat jadi ikutan sepi order donk. Sedangkan produksi jalan terus dan biaya operasional juga tetap harus dibayar. Maka dengan kondisi seperti ini perusahaan bisa gulung tikar.

Oleh karena itu di RAZHA tidak pernah saya menerapkan pembatasan wilayah. Apalagi kita era online ya. Distributor Bandung bisa aja jual ke Aceh hingga Papua. Masa ada konsumen order di Instagram trus kita tolak gara-gara dia tidak berdomisili di Bandung. Kasian kan konsumennya.

Harus ada solusi untuk si brondong ini…

Jika tetap ingin menerapkan sistem PEMBATASAN WILAYAH, maka..
1. Pusat wajib membuat peraturan mengenai hak dan kewajiban kedua belah pihak.
2. Distributor diberi target penjualan bulanan.
3. Misalnya target 100 juta.
4. Jika di bulan pertama hanya mencapai 80 juta, maka 20 jutanya akan diakumulasi di bulan ke dua.
5. Sehingga di bulan ke 2 target dia adalah 120juta.
6. Jika target dibulan ke 2 tidak tercapai, maka statusnya akan turun menjadi agen dengan jumlah diskon yang lebih kecil dan target lebih kecil serta tidak ada proteksi wilayah.

Silahkam modifikasi ya..itukan cuma contoh   misalnya masa percobaan 3 bulan. Ya silahkan. Intinya wajib ada target.

Jika dia tidak sanggup dengan target, maka tidak akan diberikan proteksi wilayah. Pusat berhak merekrut sebanyak-banyaknya Mitra.

Inget ya.. Mitra itu tidak ada yang abadi. Jadi cerilah sebanyak-banyaknya, bimbing, seleksi alam. Akan ada yang bertahan, dan juga akan ada yang pergi. Santai aja… jangan dibawa baper okeh

Silahkan kita diskusi di bagian comment ya. Eh tumben saya gak pake sapaan “Mak”  soalnya kalo pake Mak, yang bapak-bapak pada gak mau comment

Sehat selalu ya teman-teman…

Oh iya.. udah pada manfaatin diskon 50% PO buku RAMSBO belum? Cuma sampe tanggal 29 Maret. Jangan nangis di pojokan kalo gak kebagian

Masih ada 24 gram Logam Mulia tersis untuk 24 orang pemenang berikutnya

Mau jadi salah satu pemenangnya juga?
Ikut Pre Order bukunya di http://bit.ly/DaftarPOBukuRAMSBO

Dan ikuti Kontes Selfie nya di bit.ly/ruleskontesselfie

Salam SUKSES OnlineShop Indonesia
Muri Handayani
SBO (Sekolah Bisnis Online)
“Gaptek Hilang, Rejeki Datang”

*Ini antara isi dan foto gak nyambung, abaikan aja 😂 *

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *