Strategi Mewujudkan IMPIAN

Muri Handayani Pendiri Sekolah Bisnis Online SBO Mentor Pengajar Motivator Penulis Buku Pemasaran Naikin Omset Penjualan EEJJ Emak Emak Jago Jualan Produsen Fashion RAZHAMasih inget Mak resolusi 2016? Sudah berapa banyak yang terwujud Mak? Atau jangan-jangan resolusi 2017 masih sama dengan 2016 heheeheee… Jadi resolusi 2017 adalah mewujudkan resolusi 2016 :p

Apa saja IMPIAN Mak?
1. Punya rumah sendiri dan dibayar cash tanpa riba.
2. Pergi haji bareng orang tua dan mertua.
3. Memiliki kendaraan untuk keluarga.
4. Umroh bareng keluarga besar.
5. Tabungan pendidikan Anak hingga jenjang Universitas.
6. Keliling Indonesia dari Sabang sampai Meraoke
7. Menjelajahi dunia.
8. Sedekah 100 bungkus nasi sehari.
9. Punya Rumah Sakit gratis.
10. Membangun Rumah Tahfiz untuk anak yatim dan dhuafa.
11. Bisa zakat 1kg Emas.
12. Membuka 1.000 lapangan kerja.
13. Pensiun usia 35, dengan memiliki tabungan 100 Milyar.

Makin kesini, makin lebay ya Mak impiannya heheeheee.. Sesungguhnya yang lebay tuh yang baca. Bagi Allah mah segitu keciiiil.. Kita minta 10 ya dikasih 10, kalo mintanya 100 kira-kira Allah bisa ga? Ya bisa donk… Setuju kan Mak? Jadi impian itu gak boleh kecil, nanti daya dan upaya kita kecil, lalu manfaat yang bisa kita berikan untuk ummat juga kecil.

Boleh IMPIAN BESAR, asalkan.. gunakan logika untuk mewujudkannya. Bukan hanya sekedar khayalan belaka.
Misalnya 2 tahun lagi mau punya rumah harga 500 juta Rupiah.

Apakah mungkin? Coba kita jabarkan..

500 juta dibagi 24 bulan, maka kita wajib menabung 21 juta per bulan. Waduh uang dari mana sebanyak itu? Ya dari Allah Mak heheheee…

21 juta per bulan ini bisa kita dapatkan dari hasil bisnis. Kalo dari gaji kantor kayanya harus punya jabatan tinggi dulu ya. Jika baru mau merintis karir dari sekarang, mungkin baru 10 tahun lagi bisa nyampe segitu. Lah harga properti udah keburu naik beberapa kali lipatnya.

21 juta ini apakah jumlah dari nilai omset. Oh tentu tidak. Karena omset adalah nilai transaksi. 21 juta itu bisa kita ambil dari Free Cash. Apaan tuh? ^_^

Free Cash adalah uang yang bisa kita ambil dari bisnis kita yang nilainya adalah diambil dari Laba bersih yang sudah dikurangi Laba ditahan (penambahan modal + pengembangan usaha + pajak + dll).

21 juta + 10 juta untuk penambahan modal + 5 juta pengembangan usaha + pajak 2 juta. (Besaran angka, pasti akan berbeda bagi tiap bisnis ya Mak, ini bukan patokan, hanya ilustrasi). Maka jumlahnya adalah 38 juta.

38 juta merupakan Laba Kotor. Laba Kotor + HPP + Biaya Operasional + Penyusutan Alat + Biaya Lain-lain. Ini merupakan Revenue.

Misalnya Laba Kotor adalah 20% dari revenue. Maka kita akan mendapat angka revenue sebesar Rp.190 juta.

Revenue + Diskon (untuk Mitra/Distributor/Agen/Reseller) = Omset.

60% + 40% = 100%
190 juta + 126.7 juta = 316.7 juta.

Maka.. Mak harus menjual barang senilai 316.7 juta (dihitung dari harga ecer).

Kalo saya biasanya jumlah stock barang minimal 2 x dari penjualan. Maka saya harus menyiapkan 633.4 juta.

Bagi saya yang penjualannya sistem keagenan (Mitra), saya harus mendapatkan revenue sebesar 190 juta. Jika 1 Mitra mampu menjual 20 juta, maka saya membutuhkan 10 Mitra aktif. Jika rata-rata mitra aktif itu 30% dari jumlah Mitra. Maka saya membutuhkan sekitar 33 Mitra terdaftar.

Hal-hal yang harus dilakukan
– Menyiapkan tim produksi yang mampu membuat produk senilai 633.4 juta.
– Menyiapkan tim pemasaran yang bisa menggaet 33 Mitra dan membina Mitra untuk aktif melakukan penjualan minimal 20 juta/bulan atau 1 juta per hari.
– Menyiapkan tim gudang dan packing yang siap dengan tumpukan barang dan paket.
– Menyiapkan tim keuangan, untuk mengurus pencatatan kas & bank, pencatatan penjualan, pencatatan pengeluaran, laporan keuangan, laba/rugi, neraca dll.

Kok harus menyiapkan tim? Emangnya yakin bisa ngurusin itu semua sendirian Mak? Apa kabar nanti cucian dan strikaan? hehehheee…Makin sibuk Emaknya, makin rewel anaknya, pasti anak pada protes ya Mak.

Jadi ketika Mak punya impian besar dan saat ini masih kerja seadanya, sebisanya, sesanggupnya, sesempetnya… kira-kira kapan terwujud ya Mak?

Ah tapi saya mah yakin, Mak adalah Emak Setrooong yang smart. Mak sudah paham bagaimana caranya Kerja Cerdas, tidak hanya Kerja Keras. Saya do’akan Mak dimampukan Allah untuk mewujudkan IMPIANnya di 2017 😉 aamiin…

Salam SUKSES OnlineShop Indonesia
Muri Handayani
SBO (Sekolah Bisnis Online)
“Gaptek Hilang, Rejeki Datang”

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *