Ini Dia 4D yang Membuat Bisnis Tidak Berkembang

Muri Handayani SBO Sekolah Bisnis Online Meningatkan Penjualan Omset Pembicara Perempuan Inspirasi Motivator Pengusaha Muda Pengajar Marketing Online Bandung
Coba Mak inget, sudah berapa banyak bisnis yang Mak jalani? Kalo saya sudah 7 bisnis Mak. Alhamdulillah 6 diantaranya sudah gulung tikar ahahahaaa…
 
Sudah berapa lama bisnisnya bertahan? Dari 6 bisnis yang saya jalani itu ada yang kurang dari 3 bulan, 6 bulanan, 10 bulan, hmmm saya ragu apakah ada yang lebih dari setahun. Saking sering gonta ganti bisnis sampe gak inget lagi ^_^
 
Sudah sejauh mana perkembangannya sebelum tutup? Ada yang baru sampe tahap bikin produk, trus gak tau jual kemana, bahkan belum satupun yang terjual wakakakakaaa.. langsung tutup toko sebelum buka. Parah!! Ada juga yang berhasil sampe jual produk di bisnis rok batik. Namun saat itu gak ngerti cara perhitungan harga jual, sistem keagenan, foto juga culun banget ahahhahaaa…
 
Bagaimana dengan bisnis Mak? Jangan-jangan baru percobaan bikin produk, gagal terus, eh nyerah. Atau saat ketipu konsumen, trus baper akut, langsung tutup.
 
Alhamdulillah kalo ternyata bisnis Mak bertahan hingga saat ini. Nah pertanyaan berikutnya.. Sudah sejauh mana pertumbuhannya Mak? Apakah OnlineShop Mak gitu-gitu aja? Ngerasa mandek?
 
Awal memulai OnlineShop nya sih barengan, dia sudah jauh kedepan, tetapi kenapa kita segini aja ya Mak? Padahal produknya sama, harga juga bersaing kok. Mungkin bukan salah produknya Mak, tapi gara-gara si 4D ini yang bikin bisnis jalan ditempat.
 
Yuk kita analisa, apakah si 4D ini ada dalam diri Mak?
 
1. DUH RIBET… Untuk nambah follower kok ya harus kaya gitu langkahnya, RIBET amat. Ngetik jawabin orderan ga usah rapi-rapi amatlah, yang penting mereka paham, ga usah pake RIBET. Harus terus tingkatin interaksi dengan calon konsumen, hadeeeeh RIBET.
 
2. DUH REPOT… Harus teliti catetin semua pengeluaran, membuat laporan penjualan, hitung berkala stock, analisa laba rugi.. REPOOOT.. Lagi banyak orderan nih, yang kaya gitu nanti aja lah.
 
3. DUH GA SEMPET.. Dari pagi udah ngurusin orderan, malem rekap, cek ke supplier, ini itu…GA SEMPET lah kalo harus ikut pelatihan, apalagi yang ada PR nya.
 
4. DUH CAPEK… Gini aja udah untung kok, ga usah pake inovasi segala, kerjaan saya banyak, CAPEK.. Lebih penting ngurusin orderan yang ada, jelas duitnya. Kalo harus ngurusin perintilan yang terus-terusan dan butuh ketelitian, itu bikin CAPEK.
 
Jadi.. ketika suatu hari nanti ada kompetitor yang nyalip Mak dengan inovasi baru, jangan protes ya. Pada saat Mak terlena dengan kenyamanan banjir order, namun keuangan Mak kacau, tahu siapa penyebabnya?
 
Besok, mungkin lahir ratusan kompetitor yang bisa membuat konsumen loyalmu berkhianat, karena mereka ditawari cinta yang lebih indah. Siapkan hatimu ya Mak…
 
Ya Allah jauhkan lah kami dari penyakit 4D ^_^ Mampukanlah kami menyelesaikan segala ujianMu dengan baik dan benar, serta lulus dengan nilai yang memuaskan. aamiin…
 
Salam SUKSES OnlineShop Indonesia
Muri Handayani
SBO (Sekolah Bisnis Online)
“Gaptek Hilang, Rejeki Datang”

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *