SOLUSI barang reject/gagal produksi

Produsen Inner Ninja Ciput Hijab Razha Grosir Suplier Adem Antem Anti Tembem

Mak pernah kah ngalamin “diteror” Mitra (Agen/Distributor/Reseller) karena mereka KEBANJIRAN ORDER tapi kita kehabisan barang? Biasanya kami menyebut hal seperti ini Happy Problem

Sudah berkali-kali restock tetep aja keteteran. Sampe ada Mitra RAZHA yang ga sabar akhirnya japri ke saya Suasana semakin memanas dengan ditambah ada kendala bahan yang cacat. Jadilah banyak yang reject. Sudah lihat kan ya Mak kemarin saya posting karung bertumpuk yang isinya ribuan produk RAZHA. Setiap hari ada 2 orang dari Tim QC yang saya tugaskan untuk cek lagi isi karungnya.

Kondisi ruangan dengan cahaya terang menjadi mutlak. Karena Tim QC harus menelusuri tiap centimeter bahan dan juga jahitannya Mak. Cek karetnya dengan cara ditarik, sengaja ditarik kenceng untuk memeriksa kekuatan jahitannya. Setiap tusukan jahitannya dilihatin, Jika ada yang loncat atau tumpuk ini dianggap reject. Retsleting dibuka tutup untuk memastikan lancar. Bahan diterawang ada yang “carang” atau tidak. Ukurannya dari bagian kepala, leher, dada, itu semua di cek 1-1.

Nah proses seperti ini yang lumayan memakan waktu. Tapi gapapa, dengan begitu saya berani kasih garansi 100% uang kembali.

Jadi produk yang cacat itu dibagi lagi menjadi beberapa kriteria Mak.
1. Cacat bahan (Ini sudah jelas pasrah reject)
2. Jahitan tidak rapi (Yang seperti ini masih bisa diperbaiki)
3. Kotor (Butuh sedikit usaha untuk menyelamatkannya dengan cara dicuci atau menggunakan alat pembersih)
4. Salah ukuran (Entah dari bagian potong atau dari penjahit, ada aja Mak yang ukurannya kekecilan. Kalo kebesaran bisa dikecillin. Nah kalo yang kekecilan ga muat Mak dikepala. Akhirnya kami putuskan untuk dikumpulin yang kecil dan jual dengan ukuran S  Bisa digunakan untuk anak-anak.
5.Noda kecil (Biasanya ini dari pabrik kain. Suka ada bintik kecil-kecil gitu Mak. Terkadang kecil banget seperti titik pulpen dan posisinya bukan di tempat yang nampak saat digunakan. Nah yang seperti ini kami kumpulin untuk dijadikan hadiah. Baik untuk Kuis, Endorse atau Sale. Kami akan infokan ke Mitra mengenai kondisi barang grade B.

Pusing sih Mak ngurusin kaya gini. Ya ini lah tantangannya kalo main di produksi. Kudu kuat mental dan ga boleh cengeng saat terjadi sesuatu.. oooh sesuatu…

Mending mumet dikejar produksi kan ya Mak, daripada mumet ga ada yang beli hehehee… Saya doakan teman-teman semua diberikan ilmu yang mampu meningkatkan PROFIT. Serta dijodohkan dengan Mitra yang jualannya cetar banget seperti Mitra RAZHA yang satu ini. aamiin..

Salam SUKSES OnlineShop Indonesia
Muri Handayani
SBO (Sekolah Bisnis Online)
“Gaptek Hilang, Rejeki Datang”

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *